Kegiatan Verifikasi Proklim RW 09 Pucangsawit dan RW 05 Mojo dalam Lomba Proklim Nasional KLHK

Oleh Administrator --

Rabu, 27 Juli 2022


     Pada hari rabu 20 Juli 2022 Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta melakukan kegiatan pendampingan kepada Proklim RW 09 Kelurahan Pucangsawit Kecamatan Jebres dalam  rangka kegiatan penilaian verifikasi Lomba Proklim Tingkat Nasional dari KLHK. Kegiatan ini berlokasi di Joglo Pucangsawit dengan melibatkan perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta serta seluruh Pokja Proklim RW 09 Kelurahan Pucangsawit. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode online menggunakan aplikasi zoom.

     Proklim RW 09 Pucangsawit dalam mengikuti program ini dengan antusias dan semangat yang luar biasa. Suparto sebagai ketua Proklim memaparkan berbagai instrument yang ada di RW 09 Pucangsawit meliputi bank sampah, Kelompok WanitaTani (KWT), PKK,Posyandu, organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan yang terkelola dengan baik dan terstruktur . FX Rudy Hadyatmo selaku tokoh masyarakat menambahkan, pada Proklim RW 09 Pucangsawit terdapat sarana pengendali banjir berupa stasiun pompa air, kawasan resapan air serta tanggul yang berada di DAS Bengawan Solo. Tanggul sungai yang berbentuk taman edukasi yang disebut Taman Sunan Jogo Kali dengan memiliki beragam jenis pohon yang rindang, beragam peternakan, spot foto hits dan iconic serta stand pedagang yang mayoritas berasal dari warga sekitar yang tertata dengan rapi dan bersih sehingga sering dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi warga dari Solo ataupun sekitar wilayah Solo. Hal ini menunjukkan Proklim memiliki peran dalam meningkatkan perekonomian bagi warga RW 09 Pucangsawit. Hal ini juga selaras dalam meningkatkan kualitas lingkungan dari segi adaptasi dan mitigasi serta mendukung target Pemerintah Republik Indonesia untuk menciptakan 20.000 Kampung Iklim pada tahun 2024.

   Pada hari Selasa, 26 Juli 2022 Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta kembali melakukan kegiatan pendampingan kepada Proklim RW 04 Kelurahan Mojo Kecamatan Pasar Kliwon dalam  rangka kegiatan penilaian verifikasi Lomba Proklim Tingkat Nasional dari KLHK. Kegiatan ini berlangsung di Taman Cerdas Kyai Mojo dengan melibatkan perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, Lurah Mojo, seluruh Pokja Proklim RW 04 Kelurahan Mojo serta melibatkan peran serta mahasiswa KKN dari Universitas Sebelas Maret. Kegiatan verifikasi ini dilaksanakan dengan metode online menggunakan aplikasi zoom.

     Semangat dan kekompakan seluruh anggota pokja Proklim RW 04 Mojo dalam mengikuti kegiatan verifikasi ini begitu luar biasa. Muchammad Inung selaku ketua Proklim memaparkan berbagai komponen proklim di RW 04 yang diunggulkan dengan jelas, antusias dan mendetail, mengingat Proklim RW 09 ini pernah meraih Juara 1 Proklim Tingkat Kota pada Tahun 2022. Saran serta masukan dari verifikator pun diterima dengan bijak agar Proklim RW 04 Mojo semakin baik kedepannya. Proses verifikasi Lomba Proklim Nasional ini berlangsung hingga siang hari dan berjalan dengan lancar.  Diharapkan dengan berbagai keunggulan yang ada pada RW 04 Mojo ini bisa mengantarkan pada Juara Lomba Proklim Tingkat Nasional.