Headlines : Kampung Buah Penerapan Ketahanan Pangan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis RisikoKoordinasi Fasilitas ISOTER dalam Rangka Penanganan Covid-19


SOSIALISASI PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR LIMBAH SEKTOR IKM TAHU-TEMPE KOTA SURAKARTA

Oleh Administrator


Jumat, 09 April 2021


Kamis (8/04/2021), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta mengadakan Sosialisasi Pengendalian Pencemaran Air Limbah Sektor Industri Kecil Menengah (IKM) Tahu-Tempe Kota Surakarta dengan narasumber dari DLH (Edy Suparmanto, S.Si) dan Departemen Teknik Lingkungan, FT-UNDIP (Wiharyanto Oktiawan, ST, MT). Sosialisasi ini mengundang Pengrajin IKM tahu/tempe Kampung Krajan serta Kelurahan Mojosongo.

Topik pembahasan dalam pembinaan antara lain :
1. Peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait pencemaran air, kewajiban pelaku usaha dalam pelestarian lingkungan, dsb.
2. Air limbah dan dampaknya pada lingkungan
3. Pentingnya menjaga kualitas air tetap terjaga lestari.
4. Pengelolaan air limbah, strategi dan model pengolahannya.
5. Contoh-contoh Aplikasi praktis dalam pengolahan air limbah.
6. Peran serta masyarakat dan pelaku usaha dalam pengendalian pencemaran air.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pembinaan pengendalian pencemaran air dari kegiatan usaha tahu/tempe. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah :
1. Memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi pelaku usaha dalam pengendalian pencemaran air, terutama dari sumber kegiatan/usaha tahu/tempe.
2. Memberikan tambahan pengetahuan dalam upaya pengolahan air limbah dan produksi bersih bagi kegiatan/usaha tahu/tempe.
3. Meningkatkan kesadaran dan peran serta pelaku usaha dalam upaya pencegahan pencemaran air.