Headlines : Surat Edaran dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait penyusunan dokumen lingkungan bagi kegiatan/usaha OrangKota Surakarta Raih Penghargaan Kualitas Udara Bersih Perkotaan (EKUP) Tahun 2016Kota Surakarta Raih Penghargaan ADIPURA Tahun 2016


PENILAIAN ARMADA KEBERSIHAN/SAMPAH KELURAHAN SE-KOTA SURAKARTA

Oleh Administrator


Sabtu, 06 Februari 2021


DLH Kota Surakarta selama 4 hari mulai tanggal 2 Februari 2021, mengadakan Penilaian Armada Kebersihan/Sampah se-Kota Surakarta. Lomba ini merupakan perintah langsung dari Walikota dan Wakil Walikota dalam rangka :

a. Evaluasi program Walikota dan Wakil Walikota dalam inovasi pelayanan persampahan yang berbeda dengan daerah lain yaitu dengan menghapus TPS (Tempat Pembuangan Sementara) domestik diganti dengan TPS Mobile (sampah langsung ditampung menggunakan armada kemudian di buang ke TPA) sehingga proses penanganan sampah ini menjadi lebih efektif dan efisien.

b. Memonitor SOP (Standar Operation Prosedur) Petugas dalam pengambilan sampah. Hal ini dikarenakan ada beberapa petugas yang belum menjalankan SOP dengan baik dan benar. Misalnya : armada masih ada yang ngetem/ menunggu petugas gerobak sampah, sampah di armada tidak ditutup jaring/terpal sehingga sampah berceceran di jalan, dll.

c. Mengevaluasi perawatan armada baik fisik dan kelengkapannya termasuk surat-surat dan SIM.

d. Jumlah ritasi/frekuensi pengangkutan sampah harian.

e. Yang dinilai armada kelurahan ( L300 & Germosa/Gerobak Motor Sampah)

f. Sebagai upaya peningkatan keselamatan petugas dan perhatian dari pejabat yg terkait