Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta     Telepon (0271) 714898     Email dlhsurakarta@gmail.com
  • Kota Surakarta Raih Penghargaan Kualitas Udara Bersih Perkotaan (EKUP) Tahun 2016
Kota Surakarta Raih Penghargaan Kualitas Udara Bersih Perkotaan (EKUP) Tahun 2016

Selasa, 20 Desember 2016  20:40

 

 

 

Kota Surakarta tahun ini kembali mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan hidup tantang Pengelolaan Kualitas Udara Bersih Perkotaan pada program Langit Biru, setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan Adipura.

Program langit biru merupakan program yang bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor"

Pada tanggal 14 Desember 2016, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengumumkan hasil Program Langit Biru Tahun 2016. Penyampaian peraih kota nilai tertinggi EKUP disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pengumuman Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan di 28 kota dari 23 propinsi diberikan kepada peraih nilai tertinggi hasil Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan Program Langit Biru Tahun 2016 diperoleh 3 (tiga) kota Langit Biru terbaik yaitu: (1) kategori Kota Metropolitan: Palembang, Semarang dan Jakarta Timur; (2) kategori Kota Besar: Balikpapan, Padang dan Surakarta; dan (3) kategori Kota Sedang/Kecil: Jambi, Tanjung Pinang, dan Ambon.

Terkait dengan capaian penghargaan EKUP ini, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta, Drs. Widdi Srihanto, MM., menyampaikan perlunya peningkatan kinerja pengendalian pencemaran udara sebagai bagian dari visi-misi Walikota Surakarta dalam mewujudkan Kota Surakarta yang “Waras”, yang sehat dan nyaman ditinggali warganya serta nyaman disingahi wisatawan.

Evaluasi kualitas udara perkotaan dilaksanakan pada 28 kota dari 23 provinsi di Indonesia antara bulan Juli sampai dengan November 2016, dilakukan di kota-kota sebagai berikut:

(1)   kategori Kota Metropolitan yaitu kota Palembang, Semarang, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Medan dan Makassar;

(2)   kategori Kota Besar yaitu kota Balikpapan, Padang, Surakarta, Banjarmasin, Denpasar, Samarinda, Yogyakarta, Batam, Pekanbaru, Pontianak, Manado dan Bandar Lampung; dan

(3)   kategori Kota Sedang/Kecil yaitu Jambi, Tanjung Pinang, Ambon, Palu, Kupang, Bengkulu, Mataram, Banda Aceh, Mamuju dan Gorontalo.


Dibaca : 1 kali