Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta     Telepon (0271) 714898     Email dlhsurakarta@gmail.com
  • Mengenal Proses Penyusunan dan Penilaian AMDAL
Mengenal Proses Penyusunan dan Penilaian AMDAL

Rabu, 16 November 2016  14:23

Dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI Nomor 05 Tahun 2012, yang dimaksud dengan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup) yang adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

Prosedur AMDAL meliputi:

  • penapisan wajib AMDAL
  • pengumuman
  • pelingkupan
  • Penyusunan dan penilaian Kerangka Acuan
  • Penyusunan dan penilaian ANDAL, RKL, dan RPL
  • Persetujuan Kelayakan Lingkungan

Bagan Penapisan Izin LingkunganProses Penapisan

Proses penapisan merupakan proses untuk menentukan apakah suatu rencana kegiatan wajib menyusun AMDAL atau tidak.

Proses penapisan tersebut mengikuti ketentuan dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 05 Tahun 2012 tentang Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Proses Pengumuman

Rencana kegiatan/usaha yang diwajibkan menysusn AMDAL berdasarkan hasil penapisan wajib mengumumkan rencana kegiatannya kepada masyarakat sebelum pemrakarsa melakukan penyusunan AMDAL. Pengumuman dilakukan oleh instansi yang bertanggung jawab dan pemrakarsa kegiatan.

Mekanisme dan ketentuan dalam pengumuman dan keterlibatan masyarakat dalam proses AMDAL dan izin lingkungan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI No. 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat dalam Proses Analisis Dampak Lingkungan Hidup dan Izin Lingkungan.

 

 

Proses Pelingkupan

Pelingkupan merupakan suatu proses awal (dini) untuk menentukan lingkup permasalahan dan mengidentifikasi dampak penting (hipotetis) yang terkait dengan rencana kegiatan.

Proses ini bertujuan untuk menetapkan batas wilayah studi, mengidentifikasi dampak penting terhadap Iingkungan, menetapkan tingkat kedalaman studi, menetapkan lingkup studi, menelaah kegiatan lain yang terkait dengan rencana kegiatan yang dikaji.

Hasil akhir dan proses pelingkupan adalah dokumen Kerangka Acuan. Saran dan masukan masyarakat harus menjadi bahan pertimbangan dalam proses pelingkupan.

Proses penyusunan dan penilaian Kerangka Acuan

Setelah Kerangka Acuan selesai disusun, pemrakarsa dapat mengajukan dokumen kepada Komisi Penilai AMDAL untuk dinilai. Berdasarkan peraturan, lama waktu maksimal penilaian Kerangka Acuan adalah 75 hari di luar waktu yang dibutuhkan penyusun untuk memperbaiki/ menyempurnakan kembali dokumennya.

Proses penyusunan dan penilaian ANDAL, RKL, dan RPL

Penyusunan ANDAL, RKL, dan RPL dilakukan dengan mengacu pada Kerangka Acuan yang telah disepakati (hasil penilaian Komisi AMDAL). Setelah selesai disusun, pemrakarsa dapat mengajukan dokumen kepada Komisi Penilai AMDAL untuk dinilai. Berdasarkan peraturan, lama waktu maksimal penilaian ANDAL, RKL dan RPL adalah 75 hari di luar waktu yang dibutuhkan penyusun untuk memperbaiki/ menyempurnakan kembali dokumennya.


Dibaca : 3 kali