Kota Surakarta Raih Penghargaan ADIPURA Tahun 2016

Oleh Administrator


Senin, 19 Desember 2016


Kota Surakarta Raih Penghargaan ADIPURA Tahun 2016

 

Setelah sekian lama, puasa penghargaan Adipura, tahun 2016 ini Pemerintah Kota Surakarta mendapatkan penghargaan ADIPURA KIRANA.

Adipura Kirana diberikan Kepada kabupaten/kota yang memiliki kinerja pengelolaan lingkungan perkotaan yang baik. Menggabungkan lingkungan, sosial dan ekonomi yang meliputi perdagangan, pariwisata dan investasi untuk mewujudkan kabupaten/kota yang atraktif meliputi transparansi, akuntabilitas, mandiri dan bertanggung jawab.

Program Adipura bertujuan untuk mendorong kepemimpina pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat serta dunia usaha dengan pemberian penghargaan Adipura untuk mewujudkan wilayah yang berkelanjutan, secara ekologis, sosial dan ekonomi.

Program Adipura merupakan salah satu instrument dari pemerintah Pusat (KLHK) dalam rangkap mewujudkan good governance dalam bibang lingkungan hidup, yang berorientasi pada:

  1. Mendorong pemerintah daerah dalam penerapan amanah UU No. 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan Sampah.
  2. Mendorong pemerintah daerah dalam menunjang target pemerintah pusat dalam pengrangan dan penanganan sampah.
  3. Mendorong penerapan system pengelolaan sampah secara terpadu di setiap kabupaten/kota.

  

Tahun 2016 ini, KLHK melakukan Rebranding Adipura yang bertujuan untuk mendorong program Adipura dalam penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup yaitu:

a.     Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau

b.     Pemanfaatan Ekonomi dari Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau

c.     Pengendalian Pencemaran Air

d.     Pengendalian Pencemaran Udara

e.     Pengendalian Dampak Perubahan Iklim

f.      Pengelolaan kasus Pertambangan

g.     Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, serta

h.     Penerapan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

  

Penghargaan Program Adipura menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.  53 tahun 2016 :

  • Adipura Buana (livable city) : kota yang memiliki kinerja pengelolaan lingkungan yang baik, menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk wilayah layak huni yang tercermin dari masyarakat yang peduli lingkungan (policy, facility, process, collaboration, advocate, dan initiative).
  • Adipura Kirana (attractive city) : Kota yang memiliki kinerja pengelolaan lingkungan yang baik, menggabungkan lingkungan sosial dan ekonomi untuk mewujudkan attractive city à kota yang berkelanjutan: good environmental governance dan TTI (trade, tourism, and investment) untuk mewujudkan kota yang atraktif meliputi : transparansi, akuntabilitas, mandiri dan bertanggungjawab.
  • Adipura Bhakti : menganugerahkan kepada tokoh perseorangan yang berkontribusi tinggi dalam pengembangan dan penerapan Program Adipura secara nasional;
  • Sertifikat Adipura : bukan peraih anugerah Adipura pada periode pemnatauan sebelumnya dan periode berjalan; nilai Adipura periode pemantauan berjalan memiliki selisih lebih dari atau sama dengan 3 (tiga) dibandingkan nilai Adipura periode sebelumnya.
  • Plakat Adipura : lokasi terbaik untuk Pasar, Terminal, Taman Kota, Hutan Kota dan TPA

Share : Facebook   Twitter





Perizinan LH & PPLH
20-03-2017
AMDAL
19-03-2017
IPLC
19-03-2017
TPS-LB3
16-02-2017
UKL-UPL
14-02-2017
SPPL